Android merupakan OS  platform smartphone paling diminati oleh pengguna smartphone.Namun disisi lain,banyaknya pengguna Smartphone berflatform OS Android memancing banyaknya orang untuk bertindak tidak benar dengan cara membuat program-program jahat atau malware yang ditujukan untuk hal-hal yang tidak benar,entah itu mencuri data,merusah system android, ataupun sebagainya.Terutama melalui Aplikasi Play Store.

Pihak Android pun ( google) telah merancang sistem keamanan sedemikian rupa untuk mencegah aplikasi-aplikasi jahat yang akan di susupkan ke Android melalui play store.Untuk itu Techno Netizen akan berbagi tips aman menghindari virus ataupun malwar dan program jahat lainya di smartphone Android Anda.
7 Tips Menghindari Malware di Smartphone Android

1. Unduhlah Aplikasi Android hanya di Play Store

Dengan cara mengunduh aplikasi Android melalui Play Store, Smartphone kita akan tetap aman karena google menerapkan security yang ketat untuk software aplikasi Android yang akan di share di Play Store.

2. Hindarilah aplikasi dan toko aplikasi yang kurang terpercaya.

Semua aplikasi yang akan kita terapkan di Android,masing-masing memiliki parameter yang berbeda-beda.hindari jika aplikasi itu terlalu sering meminta ijin untuk melihat, apalagi mengambil data-data pribadi dan sebagainya.

3. Gunakan jasa penyedia aplikasi terpercaya

ada beberapa smartphone yang belum bisa mengakses ke Play Store seperti Nokia X, namun bisa kita gunakan web toko aplikasi yang memang sudah terpercaya  seperti Nokia Store, Galaxy Apps (Samsung), dan Amazon App Store

4. Jangan pakai aplikasi bajakan

Install aplikasi premium free alias gratis tanpa membayar  hasil bajakan memang menjadi hal yang menyenangkan,tapi perlu jadi pertimbangan alangkah baiknya jika kita tidak menggunakan aplikasi tersebut karena bisa saja sudah disusupi mallware,virus dan program jahat lainnya.

Apabila ingin memasang aplikasi secara side loading, pastikan file APK diperoleh dari sumber terpercaya.

5. Selalu perbarui software ponsel

Mengupdate versi aplikasi Android yang kita gunakan itu juga sangat penting karena setiap versi memiliki kelemahan dan semakin baru versi yang dikeluarkan maka semakin kecil pula bug (error) yang ditimbulkan dan celah itulah yang digunakan oleh malware untuk masuk ke aplikasi dan untuk itulah kita sebagai pengguna aplikasi harus terus selalu update

6. Gunakan scanner malware Google

Setiap ponsel Android versi 2.2 ke atas dilengkapi dengan fasilitas malware scanner. Sebelum menginstal aplikasi di Android, malware scanner google akan menscan dan memastikan apakah perangkat aplikasi tersebut aman digunakan atau tidak.

Fitur ini diaktifkan secara default dan bisa diakses dari menu Google Settings di app drawer. Perangkat yang menjalankan Android 4.2 atau yang lebih baru bisa mengaktifkan scanner malware dengan mengaktifkan opsi “Verify Apps” dari menu security di dalam settings.

7. Pertimbangkan anti-virus

Ada ratusan aplikasi anti-virus yang tersedia di Play Store, sebaiknya pilih nama-nama yang memiliki reputasi bagus seperti Avast, AVG, BitDefender, Kaspersky, Sophos, Symantec, dan Trend Micro. Ada pula beberapa pendatang baru yang populer seperti Lookout dan TrustGo. 

2 komentar:

  1. Wah tips yang benar benar bermanfaat sobat. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sob,udah ampir.salam kenal juga :D

      Delete

 
Top